Sunday 27 April 2014

Idris Sardi Meninggal Dunia

Dunia musik Tanah Air kembali berduka. Maestro musik Idris Sardi meninggal dunia, maestro biola Indonesia ini meninggal dunia di usia 75 tahun, Senin (28/4/2014) di Rumah Sakit Meilia Cibubur pada jam 07.25 WIB. Belum diketahui penyebab meninggalnya Idris, namun belakangan almarhum dikabarkan sedang sakit. Rencananya, jenazah Idris akan disemayamkan di Bumi Cimanggis Indah Blok B1 No.9, Jalan Pekapuran, Cimanggis.

Idris Sardi (lahir di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta), 7 Juni 1938 ) adalah seorang pemain biola Indonesia.  Nama Idris Sardi sebagai pemain biola sudah tersohor sejak usia 16 tahun. Beliau menggantikan kedudukan ayahnya Bp. Sardi. sebagai violis pertama dari Orkes RRI Studio Jakarta pimpinan Saiful Bahri.
Selanjutnya, kiprah Idris Sardi di blantika musik Indonesia tak hanya sebatas menginspirasi para seniman. Ia juga dikagumi oleh tokoh politik. Bahkan, ada yang membuatkan buku secara khusus. Pada usia enam tahun, pertama kali mengenal biola. Pada umur sepuluh tahun ia sudah mendapat sambutan hangat pada pemunculannya yang pertama di Yogyakarta tahun 1949. Boleh dikatakan sebagai anak ajaib untuk biola di Indonesia, karena di usia muda sekali sudah lincah bermain biola.

Sudah berjalan 59 tahun lamanya semenjak Idris Sardi membuat karya pertama dengan biolanya yang berjudul “Gundah Gulana”, sebuah karya tempat ia menuangkan perasaannya ketika ayahnya meninggal pada 1953. Sejak itulah ia dan biola seperti tak terpisahkan. Idris Sardi terus berkarya dan ikut mewarnai catatan sejarah musik Indonesia. 

Tahun 1952 Sekolah Musik Indonesia (SMIND) dibuka, dengan persyaratan menerima lulusan SMP atau yang sederajat. Pada tahun 1952, Idris Sardi baru berusia 14 tahun, sehingga ia belum lulus SMP, namun karena permainannya yang luar biasa ia bisa diterima sebagai siswa SMIND tersebut. Bersama temannya yang juga pemain biola, Suyono (almarhum) namun bukan anak ajaib, yang lebih tua 2 tahun merupakan dua orang siswa SMIND yang berbakat sekali.

Pada orkes slswa SMIND pimpinan Nicolai Varvolomejeff, tahun 1952 Indris yang masih memakai celana pendek dalam seharian duduk sebagai concert master pada usia 14 tahun, duduk bersanding dengan Suyono. Rata-rata siswa SMIND berusia di atas 16 tahun.

Guru biola Idris waktu di Yogyakarta (1952-1954) adalah George Setet, sedangkan pada waktu di Jakarta (setelah 1954) adalah Henri Tordasi. Kedua guru orang Hongaria ini telah mendidik banyak pemain biola di Indonesia (orang Hongaria adalah pemain biola unggul).

Di dunia film, almarhum dikenal sebagai komponis dan ilustrator musik bertangan dingin sehingga beberapa kali mendapat anugerah Piala Citra untuk kategori Penata Musik Terbaik untuk beberapa film yakni Pengantin Remaja (1971), Perkawinan (1973), Cinta Pertama (1974), Doea Tanda Mata (1985). Almarhum mewariskan talenta musiknya kepada dua anaknya dari pernikahannya dengan Zerlita, Santi Sardi dan Lukman Sardi, keduanya sukses berkarier di dunia film. 

sepanjang hidupnya, Idris Sardi telah meraih berbagai penghargaan. Penghargaan yang diraih Idris antara lain sebagai komponis dan ilustrator musik untuk film. Ia mendapat Piala Citra sebagai Penata Musik Terbaik di film 'Pengantin Remaja' (1971), 'Perkawinan' (1973), 'Cinta Pertama' (1974), dan 'Doea Tanda Mata' (1985)

Selamat jalan maestro music Indonesia, Indonesia berduka atas kepergianmu, semoga engkau mendapat tempat terindah dan tenang disisi Sang Kuasa. Amin.

0 comments:

Post a Comment