Saturday 26 April 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering



Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja

Kulit kering dan kusam menjadi masalah yang sering ditemui oleh orang Indonesia. Pasalnya, sinar matahari sangat berpengaruh terhadap jenis kulit ini. Meskipun begitu, kulit kering dan kusam jarang sekali berjerawat.

Mayoritas orang pasti pernah merasakan kondisi kulit yang kering. Menurut beberapa ahli kulit ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit kering. Di antaranya adalah :

1.      Level kelembaban . Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Ketitak stabilan kelembaban misalnya saja pada ruangan yang berpenyejuk atau menggunakan air conditioner  (AC). Pendingin udara dapat dengan cepat menyerap atau mengeringkan air dalam tubuh sehingga normal moisturizer factor  (NMF) menurun. Di ruang ber-AC kulit cenderung kurang berminyak, padahal minyak dibutuhkan untuk membentuk sebum barrier . Jadi ketika sobat berada di  ruang ber-AC seharian, luangkan waktu sejenak ke luar untuk berkeringat.

2.      Radiasi matahari. Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Sinar matahari dapat mempercepat turn over rate  kulit, di mana kulit dipaksa untuk terkelupas sebelum waktunya. Akibatnya, kulit bagian bawah yang belum siap jadi kurang lembab. Ada dua kandungan dalam matahari yang paling merusak kulit, yakni Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB). UV A atau dikenal dengan UV “Aging Rays” (yang bisa masuk ke dalam bagian dermis dan menyebabkan penuaan kulit) bertanggungjawab terhadap perusakan kulit dalam jangka panjang, dan photo aging.

Semakin besar panjang gelombang UVA, maka makin tinggi pula energinya. Oleh karenanya, meski cuaca mendung, sinar UVA akan tetap terasa kuat dan tetap bisa menyebabkan penuaan, sedangkan UVB atau UV “Burning Rays” (hanya sampai epidermis dan menyebabkan kulit terbakar) bertanggungjawab terhadap sunburn  dan kanker kulit. “Sinar ini kekuatannya berubah-ubah dari hari ke hari, juga bulan ke bulan. Karenanya, semakin besar panjang gelombang UVB, maka energinya juga semakin rendah.

3.      Radikal bebas
Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen

4.      Mandi atau mencuci tubuh terlalu sering . Saat sobat mandi, terutama jika menggunakan sabun yang kandungannya keras, otomatis minyak alami tubuh juga akan terbuang. Itulah yang membuat kulit menjadi lebih kering.

5.      Gaya hidup . Misalnya rokok, stres, dan diet tidak seimbang. Nah, agar kelembaban kulit sobat tetap terjaga, disarankan sobat melakukan dua hal ini. Pertama, jangan mandi dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius, dan berkeringatlah setiap hari.

Tentu setelah kita tau apa saja penyebab kulit menjadi kering kita harus bisa menjaga diri untuk menghindari agar kulit kita tidak enjadi kering, namun jika kondisi kulit kita sudah dalam kondisi kering berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi kulit yang kering dan terlihat kusam :

1.      Minum Air Putih
Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari akan membuat kulit kering menjadi lebih lembab. Untuk itu, sering-seringlah minum air putih agar kulit tidak kering dan kusam.

2.      Gunakan Pelembab
Pelembab mengandung zat yang dibutuhkan oleh kulit kering sehingga kamu yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan pelembab khusus untuk menutrisi kulit agar senantiasa lembab.

3.      Jangan Pakai Kosmetik Beralkohol
Kulit kering sangat rentan terhadap pelembab, pembersih muka, atau toner yang berbahan dasar alkohol. Oleh karena itu, hindari penggunaan alat kosmetik yang memiliki kandungan alkohol karena hal itu akan membuat kulit lebih kering dan kusam.

4.      Gunakan Sunscreen SPF Tinggi
Kulit kering akan lebih mudah kusam dan keriput ketika terkena paparan sinar matahri. Oleh karena itu, gunakan sunscreen ber-SPF tinggi yang mampu melindungi kulit dari terpaan dan bahaya sinar matahari siang.

5.      Jangan Pakai Sabun
Jika kamu tidak memiliki pembersih wajah khusus kulit kering, sebaiknya jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah karena hal itu akan lebih membuat kulit semakin kering.

6.      Hindari Mandi Air Panas
Menggunakan air panas atau hangat yang berlebihan saat mandi akan membuat kulit lebih mudah mengelupas, kering, dan terlihat kusam. Oleh karena itu, gunakan air hangat kuku atau air dingin saat mandi.

7.      Makan Sayuran
Mengonsumsi sayuran bisa bikin kulit ternutrisi dengan baik sehingga lebih lembab dan terlihat lebih cerah. Konsumsilah sayuran berserat tinggi yang memiliki kandungan Vitamin C tinggi agar kulit cerah dan sehat.

Nah sobat, diatas adalah ulasan kenapa kulit bisa kering dan bagaimana cara mengatasi kulit yang kering, semoga postingan Penyebab dan Cara Mengatasi KulitKering ini bisa bermanfaat ya sobat.

0 comments:

Post a Comment