Thursday 24 April 2014

Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk



Siapa yang tidak pernah merasakan yang namyanya mengantuk ? Mengantuk adalah salah satu fenomena alami yang dialami oleh manusia, bukan hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anakpun pasti merasakan kantuk, bahkan semua orang pasti pernah merasakan bagaimana mengantuk tersebut.
Cuma permasalahannya adalah bagaimana bila rasa ngantuk tersebut datang disaat saat penting. Sebagai contoh bila ngantuk disaat di sekolah, pasti akan jadi suatu masalah., bisa-bisa kita ditegur dan dihukum oleh guru pengajar kita. Masalah juga akan muncul ketika berada dalam rapat penting tiba tiba mengantuk, rasanya pasti jadi tidak fokus dan pengen rapat segera selesai. untuk itu saya akan mengurai Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk.

Bagi sobat yang sering merasa ngantuk entah itu saat bekerja atau belajar, kali ini saya akan berbagi tips menarik untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebih. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu hal-hal yang bisa menjadi penyebab ngangtuk. Berikut hal-hal yang bisa menjadi penyebab mengapa sobat bisa ngantuk. 

1.      Kurang Olahraga
Jika anda gampang mengantuk, mungkin karena anda kurang berolahraga. Menurutanyak ahli kesehatan mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga. Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin dan terkontrol ya sobat.

2.      Gejala Anemia
Gampang mengantuk, juga dapat disebabkan oleh gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya sobat harus melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya oke, bisa jadi sobat mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur sobat buruk.

3.      Kurang Istirahat
Salah satu penyebab kantuk dating adalah kurangnya istirahat, kurangnya istirahat dapatmenyebabkan organ vital taidak berjalan secara optimal, khususnya mata, karenanya sobat harus mengatur pola istirahat sobat agar jaringan organ tubuh dapat beristirahat dengan baik.

4.      Gejala Prediabetes
Beberapa ahli menyatakan mengantuk bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah ke dokter.

Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk

Menguap adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk meningkatkan supply oksigen. Saat menguap berarti tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan menguap oksigen yang berada di udara akan diambil untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh.

Setelah diuraikan diatas mengenai penyebab mengantuk, sekarang akan saya sharekan beberapa tips untuk menghilangkan rasa mengantuk yang bisa sobat terapkan.

1.       Minum air putih
Dengan minum air putih akan membantu tubuh menghilangkan rasa kantuk. Di dalam air terdapat oksigen yang akan sangat berguna. Baik air dingin, air panas, atau air dengan panas sedang dapat membantu menghilangkan ngantuk.

2.       Membasuh muka dengan air
Cara ini merupakan cara favorit dan umum dilakukan kebanyakan orang untuk menghilangkan raSa mengantuk. Dengan membasuh muka ngantuk diharapkan akan segar kembali, sehingga rasa ngantuk hilang dan badan kembali bugar.

3.      Gunakan Wangi-wangian
Sobat juga bisa mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jika sobat ngantuk sobat bisa menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan sobat atau di awah hidung sobat, hindari wangi lavender, karena sobat akan lebih ngantuk dibuatnya.

4.      Memacu Adrenalin
Jika ngantuknya gak mau ilang juga, sobat bisa melakukan hal konyol yang dapat memacu adrenalin sobat. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit sobat dan menarilah sepuasnya selama 10 menit.

5.      Bercanda
Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh sobat bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika sobat tak bisa bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan sobat tidak akan ngantuk lagi.

6.      Makan permen
Cara makan permen bisa digunakan untuk terapi ngantuk ataupun mencegah rasa ngantuk. Dengan permen yang memiliki rasa tajam, pahit, pedas, ataupun asin diharapkan akan dapat membuat selalu terjaga tanpa ngantuk. Permen kopi juga menjadi salah satu favorit rasa dalam menghilangkan mengantuk.

7.      Membuat Teh  panas dan kopi panas.
Kedua minuman ini biasa dipakai untuk menghilangkan rasa mengantuk dalam acara resmi seperti seminar ataupun rapat. Paduan rasa kopi atau teh bercampur air panas akan terasa nyoz dan membuat plong sehingga rasa segar dapat muncul kembali. Apalagi ditambah dengan beberapa makanan kecil, pasti terasa enak dan rasa mengantuk pun memudar.

8.      Jalan-jalan Keluar
Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat sobat cepat merasa ngantuk. Untuk itu, sobat bisa berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan sobat menjadi lebih segar.

9.      Berolahraga Ringan
Walaupun sobat sedang berada dilingkungan kantor, sebenarnya sobat tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh sobat, sobat dapat melakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. sobat juga bisa lari-lari di tangga kantor sobat. Lakukan sampai sobat berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi.

10.  Telepon ibu
Cara terakhit yang mungkin bisa sobat lakukan yaitu melakukan percakapan dengan ibu sobat, karena akan membuat sobat terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara sobat dan ibu. Lagipula, baik juga bagi sobat untuk sering menghubungi orang tua. sobat bisa menceritakan hal-hal unik dikantor pada ibu sobat.

Demikian artikel singkat tentang beberapa Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk. Mungkin masih ada lagi beberapa cara lain yang manjur, namun setidaknya dengan beberapa tips ngantuk di atas, sobat dapat mengatasi problem mengantuk yang sering dialami, semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment