Friday 25 April 2014

Jajanan Berbahaya Bagi Anak

Jajanan pangan untuk anak, baik di sekolah maupun di sekitar rumah, tentu menggiurkan di mata anak-anak. Tapi bagi orang tua, apa yang terlihat lezat belum tentu enak, apalagi sehat. Karenanya, orang tua mesti pintar memilah-milih pangan yang baik untuk buah hati mereka. Melalui artikel ini saya ingin berbagi informasi tentang Jajanan Berbahaya Bagi Anak.


Selain kebersihan kantin atau tempat jajan anak, orang tua juga perlu memperhatikan bahan makanan apa saja yang dijual sehingga anak mengonsumsinya. Berikut ini adalah bahan makanan yang berbahaya bagi perkembangan dan pertumbuhan otak anak :

1.      MSG (Monosodium Glutamate)

MSG (Monosodium Glutamate) atau penambah rasa pada makanan akan merusak jaringan otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya bisa melemahkan sel-sel otak sehingga memicu tumbuhnya sel kanker.

2.      Karbohidrat

Karbohidrat memang baik untuk tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan hal itu justru akan menghambat petumbuhan dan perkembangan otak anak.

3.      Pewarna Makanan

Pewarna makanan yang banyak mengandung timbal ini sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan pertumbuhan otak anak sehingga anak akan sulit untuk memaksimalkan fungsi otaknya dan bisa juga terjangkit penyakit perut.

4.      Pengawet dan Pemanis Makanan

Bahan makanan yang satu ini sangat banyak terkandung di dalam jajanan anak, seperti halnya chiki, camilan, dan minuman dengan gula buatan. Bahan makanan yang satu ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak, serta memicu muncunya penyakit diabetes.

Tuh sobat, beberapa bahan jajanan makanan yang berbahaya bagi otak dan pertumbuhan anak, sebaiknya orang tua lebih memperhatikan jajanan anak. Bahkan jika bisa, sediakan saja makanan hasil masakan rumah untuk dibekalkan pada anak. Semoga artikel Jajanan Berbahaya Bagi Anak ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment