Sunday 27 April 2014

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Postingan ini berawal masukan dari teman dimedia social, dan memang mejadi sangat penting untuk diulas sobat,  saat anak didera sakit demam disertai panas tinggi, terkadang ada beberapa orang tua yang panik dan bingung bagaimana cara mengobati demam tersebut. Jangan pula pernah sepelekan demam pada anak. Demam memang salah satu penyakit yang sering diderita anak sejak bayi, namun jangan sampai orang tua lengah. Pertolongan pertama yang tepat pada demam anak akan sangat membantu penyembuhannya, Lalu bagaimana Cara Mengatasi Demam Pada Anak ?

Menurut beberapa dokter anak, pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada anak adalah dengan melonggarkan baju anak dan berikan suasana yang lebih enak. Lalu kompres dengan air hangat ya sobat, ingat harus dengan air hangat. Setelah dikompres tentu harus diberi obat. Namun memberikan obat pada anak juga tak boleh sembarangan loh sobat. Saat ini banyak orang tua yang dengan mudah memberikan obat warung pada anak-anaknya, padahal obat warung tanpa resep dari dokter spesialis anak yang sesuai belum tentu baik untuk anak.

Selanjutnya, jika dalam kondisi terdesak dan sulit untuk segera diperiksakan ke dokter, usahakan sobat sediakan obat penurun panas yang sudah teruji hasiatnya, obat yang diberikan haruslah obat yang terkenal, obat yang terkenal biasanya sudah teruji kadar keamanannya, seperti parasetamol itu masih diperbolehkan. Kemudian, sebaiknya juga untuk dosis obat disesuaikan dengan berat badan anak dan bukan sesuai usianya seperti yang banyak tercantum di kemasan obat-obatan, untuk hal itu sobat bisa konsultasi kepada dokter anak, dan sobat nanti harus catat yah hasil konsultasinya.

Seperti kebanyakan yang dicantumkan dalam kemasan obat, dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kalau berdasarkan usia itu sebenarnya kurang tepat. Tapi, pada prinsipnya kalau panas tidak terlalu tinggi tidak apa-apa asal tingkat demam jangan mendekati 40 derajat. Jika demam anak mendekati 40 derajat tentu akan berbahaya sehingga sebaiknya dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat pengukuran panas panas yang paling tepat sebenarnya dilakukan melalui dubur, tetapi kalau tidak bisa ditambahkan setengah derajat dari suhu pengukuran, misal 39,5 derajat itu berarti jika ditambahkan setengah suhunya sudah mencapai 40 derajat.

Oleh sebab itu, sangat disarankan pada orang tua jika anak mengalami demam tinggi untuk segera membawanya ke dokter dan melakukan pemeriksaan. Khususnya apabila demam yang dialami anak sudah lebih dari 3 hari karena dikhawatirkan anak dapat terkena penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Nah itu sobat upaya prefentiv yang bisa dilakukan ketika menghadapi anak deam, jangan panic, ikuti tips dan trik diatas, lalu lekas periksakan ke dokter jika demam anak sobat lebih dari 3 hari tidak kunjung menurun atau jika panas anak-anak sobat mencapai 40 derajat, lebih cepat diketahui, maka akan semakin cepat pula penyebab demam pada anak dapat diatasi dan ditanggulangi. Semoga postingan Cara Mengatasi Demam Pada Anak ini dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment