Friday 2 May 2014

Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa


Contoh Surat Peghantar Proposal :

Nomor             : -
Lampiran         : 1 berkas
Perihal             : Permohonan Bantuan Beasiswa Pendidikan


Kepada Yth,
……………………
Di
Tempat

Dengan hormat,
Assalamu’alaikum wr. wb
Teriring salam dan do’a saya ucapkan kepada Bapak/Ibu, semoga dalam keadaan sehat walafiat serta sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan selalu dalam limpahan rahmat Allah Swt. Amin yaa Rabbal ‘Alamin.
Berdasarkan bahwa pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana melalui jenjang pendidikanlah peningkatan itu dapat dicapai, karena itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                       :  …………
Tempat/tanggal lahir               :  …………….
Alamat                                                :  ………………
Pendidikan terakhir                 :  ………………..
Alamat                                                :  …………………
Nomor HP                               :  ………………..
Biodata Orang Tua :
a.       Ayah
Nama                                       :  …………….
Tempat/Tgl. Lahir                   :  …………….
Alamat                                                :  ……………
Pekerjaan                                 :  ……………….
b.      Ibu
Nama                                       :  ………………………
Tempat/Tgl. Lahir                   :  ………………………
Alamat                                                :  ……………………..
Pekerjaan                                 :  ………………………….
Dengan ini saya mengajukan permohonan bantuan beasiswa pendidikan kepada Bapak/Ibu untuk melanjutkan studi belajar SI di Universitas …………… Kabupaten …………………, Fakultas……………………. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, dengan ini saya lampirkan :
1.      Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
2.      Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.      Riwayat Hidup
  
Demikian surat Permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk terkabulnya permohonan ini. Atas bantuan dan perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


………………………..

..................................................................................................................................................................
 Contoh Proposalnya :

PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BEASISWA

A.    Pendahuluan
Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga Negara. Pernyataan ini tertulis dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Artinya Pemerintah akan memberikan peluang sebesarnya untuk tiap warga Negara untuk mendapatkan pendidikan, keadaan perekonomian sangat mempengaruhi tingkat pendidikan masyarakat. Hal ini juga terjadi pada saya, dimana banyaknya keterbatasan yang saya miliki dan mahalnya biaya pendidikan sangat mempengaruhi keberlanjutan pendidikan saya.
Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan dari kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan rakyat. Namun sejak beberapa dekade lewat tujuan itu telah mengalami pergeseran. Hal ini terlihat dari agenda pembangunan yang telah digariskan oleh para pemimpin-pemimpin bangsa. Penciptaan sumber daya manusia melalui pendidikan masih sangat lemah jika di bandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Akibatnya dapat dirasakan sekarang dimana mayoritas SDM bangsa menjadi lemah.
Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya untuk mengembangkan kualitas atau kemampuan sumber daya manusia agar mampu mengolah dan mengelola sumber daya alam sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sebagai akhir dari tujuan pembangunan itu sendiri. Oleh karena itu, saya sebagai generasi penerus bangsa ingin  mengembangkan kota Indramayu. Selanjutnya saya sangat mengharapkan peran Bapak/Ibu membantu putra-putri daerah agar menjadi generasi yang handal, profesional dan berkualitas untuk membangun daerahnya sendiri.
Dilatar belakangi hal tersebut saya sangat berharap Bapak/Ibu dapat membantu mengurangi beban keuangan yang menjadi kendala dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan semakin dinamisnya perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi, maka perbaikan dan peningkatan sarana penunjang belajar adalah mutlak diperlukan.
Salah satu upaya yang saat ini saya harapkan dari Bapak/Ibu adalah dapat memberikan bantuan beasiswa bagi anak didik yang mempunyai potensi serta keinginan besar untuk mengenyam pendidikan lebih. Bantuan ini sangat berarti dalam menunujang kelancaran dan keberhasilan anak didik dalam menyelesaikan masa belajarnya.


B.     Rumusan Masalah
Dewasa ini pendidikan di Indonesia menjelma menjadi suatu yang ekslusif. Besarnya biaya pendidikan yang harus di bayar, textbook yang mahal hingga sarana penunjang bagi pelajar yang minim. Hal ini menyebabkan pendidikan di negeri ini sebagian besar dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Otak yang merupakan kunci utama dalam pendidikan hampir tidak berharga. Dan hal seperti ini yang menimpa saya dan mungkin banyak orang yang bernasib sama seperti saya, dimana mempunyai keinginan tinggi untuk melanjutkan pendidikan namun terkendala mahalnya biaya pendidikan, bahkan sultnya seklai institusi pendidikan memberikan kebijakan untuk mengangsur, ini yang saya rasakan ketika heregistrasi pendaftaran memasuki perguruan tinggi tidak diperkenankan membayar keuangan dengan cara menyicil.

C.    Dasar Pemikiran
1.      Pembukaan UUD 1945 Alinea 4
2.      Tri Dharma Perguruan Tinggi
3.      Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.      Pola Pengembangan Mahasiswa SK Dirjen DIKTI No. 26/Dikti/1998
5.      Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Nasional

D.    Tujuan
Tujuan dari pengajuan permohonan bantuan beasiswa ini dapat disebutkan sebagai berikut :
1.      Proposal ini saya buat bertujuan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan dari Pemerintah Daerah maupun swasta.
2.      Untuk meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah
3.      Meningkatkan pengetahuan dan keilmuan saya
4.      Memacu daya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam perbaikan sarana penunjang belajar
5.      Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Pemerintah maupun Swasta dalam peningatan SDM masyarakat, khususnya SDM masyarakat Kabupaten Indramayu



E.     Estimasi Biaya Pendidikan
No
Uraian
Jumlah
1


2


3


4


5


6


7


8


Jumlah

Terbilang : …………………………
Tanpa menghilangkan rasa hormat saya kepada Bapak/Ibu, saya mecantumkan No. Rekening Bank apabila nantinya proposal ini dikabulkan oleh Bapak/Ibu.
Nama Pemilik        :  …………………………..
Nama Bank           :  ……………………….
No. Rekening        :  ……………………………

F.     Penutup
Demikian proposal ini saya ajukan dengan harapan dapat dipertimbangkan dan disikapi sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kebijaksanaan bapak, saya ucapkan terima kasih.

..................,............................
Nama Pengajua

.......................................



Nah itu sobat, Contoh Proposal Pengajuan Beasiswa, silahkan sobat bisa jadikan acuan contoh proposal diatas untuk sobat, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment