Thursday 1 May 2014

Ciri Radang Usus Buntu Bisa Pecah

Sobat pasti sering dengar dengan nama usus buntu, ya walaupun fungsi usus buntu masih menjadi perdebatan di kalangan kedokteran. Selain tidak memiliki fungsi secara anatomi, usus buntu justru bisa merugikan bila mengalami peradangan. Bila tidak segera diobati, radang usus buntu bahkan bisa pecah.

Sesuai namanya, usus buntu merupakan umbai kecil yang buntu, yang terletak di perut bagian kanan bawah. Usus buntu (appendix) adalah kantong tipis seukuran 2 sampai 4 inci (5-10 cm) yang terletak di dekat persimpangan usus besar dan kecil.

Usus buntu juga bisa meradang dan bernanah sobat, atau dikenal dengan appendiksitis. Appendiksitis dapat menyebabkan nyeri akut, demam, mual, muntah dan hilangnya nafsu makan, tetapi mudah disembuhkan dengan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

Gejalanya demam, nyeri di bagian perut kanan bawah adalah ciri utama penyakit radang usus buntu, secara lengkap, berikut beberapa gejala radang usus buntu yang perlu diwaspadai oleh sobat semua :

1. Nyeri sakit yang dimulai di sekitar pusar dan sering bergeser ke perut kanan bawah
2. Nyeri yang menjadi tajam selama beberapa jam
3. Perut kanan bawah terasa lembut saat ditekan
4. Nyeri di perut kanan bawah yang terjadi ketika daerah tersebut ditekan dan kemudian tekanan dengan cepat dilepaskan (nyeri lepas)
5. Nyeri yang memburuk jika Anda batuk, berjalan atau melakukan gerakan gemuruh lainnya
6. Mual
7. Muntah
8. Kehilangan nafsu makan
9. Demam ringan
10. Sembelit
11. Ketidakmampuan untuk buang gas
12. Diare
13. Pembengkakan perut

Lokasi nyeri dapat bervariasi, tergantung pada usia dan posisi usus buntu. Anak-anak atau wanita hamil mungkin mengalami nyeri usus buntu di tempat yang berbeda. Pada radang usus buntu akut, kalau saat bergerak akan terasa sakit, mengangkat barang terasa sakit, jika sudah seperti itu usus buntunya bisa pecah, hal seperti itu harus dioperasi. Nah sobat, kenali cicir-ciri diatas pda diri sobat ya, karena dampaknya akan fatal jika tidak diketahu secara dini, jangan anggap remeh juga jika salah satu cirri diatas sering sobat alami, cepat periksakan ya sobat. Demikian postingan Ciri Radang Usus Buntu Bisa Pecah ini saya postingkan, semoga bermanfaat,

1 comment: