Friday 2 May 2014

Indonesia Mempunyai Situs Warisan Dunia Terbanyak di Asean

Sobat tau gak nih, negara kita Indonesia punya Situs Warisan Dunia UNESCO paling banyak di kawasan ASEAN loh sobat. Bahkan lebih banyak dari Thailand dan Vietnam. Untuk yang satu ini, kita sebagai warga Negara Indonesia patut bangga loh, karena Negara kita paling banyak mempunyai situs warisan dunia sobat.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) merupakan badan khusus di PBB yang didirikan tahun 1945. Tujuan utamanya adalah mendukung perdamaian dunia melalui pendidikan dan budaya. Salah satu program UNESCO adalah World Heritage Sites atau Situs Warisan Dunia, yakni pengelompokan tempat-tempat tertentu di dunia seperti bangunan berupa taman, candi, museum atau destinasi alam misalnya gunung, danau atau laut. Pengelompokan tersebut diambil dari nilai sejarah dan fungsi suatu tempatnya agar menjadi terlindungi dan dilestarikan.

Dari situs resmi UNESCO telah menetapkan 981 Situs Warisan Dunia yang tersebar di berbagai negara. Di ASEAN total terdapat 33 Situs Warisan Dunia yang ada di 7 negara, hanya Myanmar, Singapura dan Brunei yang tidak memiliki Situs Warisan Dunia.

Ternyata, Indonesia adalah negara yang paling banyak memiliki Situs Warisan Dunia dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Ada 8 Situs Warisan Dunia di Indonesia, yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Ujung Kulon, Situs Purbakala Sangiran, sistem irigasi Subak di persawahan Bali, Taman Nasional Komodo, hutantropis Sumatera dan Taman Nasional Lorentz.

Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Komodo ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Lalu disusul Sangiran di tahun 1996, Taman Nasional Lorentz yang berada di Papua tahun 1999, hutan tropis Sumatera tahun 2004 dan sistem irigasi Subak di persawahan Bali tahun 2012 silam.

Vietnam berada di peringkat dua dengan 7 Situs Warisan Dunia UNESCO, yakni Komplek Monumen Hue, Halong Bay, Kota Kuno Hoi An, My Son Sanctuary yang merupakan komplek yang dulunya bekas Dinasti Cham di abad ke-4 dan 12, Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, benteng kerajaan Thang Long, dan Benteng Dinasti Ho.
Sedangkan negeri tetangga Malaysia, hanya memiliki 4 Situs Warisan Dunia UNESCO. Keempatnya adalah Taman Nasional Gunung Mulu, Kinabalu, Melaka dan Lembah Lenggong.

Berikut daftar jumlah Situs Warisan Dunia UNESCO di tiap negara ASEAN dimulai dengan yang paling banyak:

1. Indonesia : 8
2. Vietnam : 7
3. Thailand : 5
4. Filipina : 5
5. Malaysia : 4
6. Kamboja : 2
7. Laos : 2
8. Myanmar : 0
9. Singapura : 0
10. Burnei : 0

Keren kan sobat, kita kudu bangga loh karena Indonesia Mempunyai Situs Warisan Dunia Terbanyak di Asean, jadi tidak perlu jalan-jalan jauh nih buat para traveler, dikita lebih banyak situsnya sobat.

0 comments:

Post a Comment