Monday 21 April 2014

Bahaya Gusi Berdarah

Gusi Berdarah ? tentu banyak dari kita sering mengalami ini, gusi berdarah merupakan permasalahan penyakit yang ringan namun apabila diabaikan dan dianggap remeh dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, sebaiknya cepat periksakan kesehatanmu ke dokter karena gusi berdarah bukan persoalan kesehatan sepele.
Gusi berdarah biasanya disebabkan karena adanya kesalahan penghapusan plak gigi pada garis gusi, sehingga menyebabkan radang gusi atau gingivitis.

Penyebab Gusi Berdarah
Gusi berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kekurangan Vitamin C, ketidak seimbangan hormon pada kehamilan, Kurangnya menggosok gigi secara teratur dapat membuat bakteri pada sisa makanan berkembang biak, menyikat gigi terlalu keras, kekurangan Vitamin K, terjadi infeksi dan jamur pada gigi dan gusi, pemasangan gigi palsu yang kurang benar, Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP) yaitu penyakit darah yang tak cukup memiliki sel darah merah dan penyakit leukimia.

Akibat Gusi Berdarah
Akibat yang ditimbulkan oleh gusi berdarah pun bermacam-macam, dari mulai radang gigi dan gusi, bau mulut yang tidak kunjung sembuh, perdarahan di sekitar gigi dan gusi, sampai pada penyebaran racun ke seluruh organ tubuh. Untuk itu, periksakanlah gigimu setiap 6 bulan sekali agar gigi tetap dalam keadaan bersih dan sehat!

Mengatasi Gusi Berdarah
Untuk mengatasi gusi berdarah
  • Sikat gigilah sebelum dan sesudah makan
  • Bersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) serta berkumurlah dengan mouthwash agar kebersihan dan kesehatan gigi tetap terjaga
  • Jangan lupa untuk membersihkan gigi secara rutin ke dokter gigi terpercaya
  • Hindari penggunaan tembakau dan merokok yang dapat memperburuk gusi berdarah
  • Kontrol perdarahan gusi dengan memberi tekanan langsung pada gusi dengan kain kasa yang direndam dalam air es
  • Jika Anda telah didiagnosa kekurangan vitamin, maka segeralah cukupi kebutuhan vitamin.
  • Batasi asupan gula.
  • Hindari kelebihan gula dalam makanan ringan, soda manis atau makanan olahan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan memperparah pendarahan.
  • Hindari obat pengecer seperti, aspirin, kecuali dokter anda merekomendasikannya.
  • Makan banyak buah yang mengandung vitamin C dan juga makanan yang mengandung banyak kalsium
 Hati-hati ya sobat, hal yang sepele justeru berdampak bahaya, sudah dulu ya sobat, semoga postingan tentang Bahaya Gusi Berdarah ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kesehatan kita.

0 comments:

Post a Comment