Sunday 27 April 2014

Ajang Pencarian Bakat DI Indonesia

Indonesia memangpasar industri yang cukup besar bagi dunia hiburan, terbukti banyak sekali Ajang Pencarian Bakat DI Indonesia yang digelar dihampir setiap stasiun TV
yang ada di Indonesia, berikut adalah beberapa ajang kontes pencrin bakat yang bisa saya review : 
 Indonesian Idol, berjudul Indonesian Idol adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Setelah kemunculan Indonesian Idol, banyak acara realitas lain yang ditayangkan. Sejak tahun 2008, acara ini digelar 2 tahun sekali. 
 Kontes Dangdut TPI atau disingkat KDI adalah suatu ajang pencarian penyanyi dangdut dengan sponsor dari MNC yang bekerja sama dengan TPI (kini MNCTV). KDI merupakan kontes dangdut terbesar di Indonesia.
D Academy adalah suatu ajang pencarian bakat yang ditayangkan di Indosiar. Ajang ini merupakan pencarian bakat menyanyi dangdut. Acara ini mulai tayang perdana pada tanggal 3 Februari 2014 setiap hari selama minimum 180 menit dan maksimum 270 menit, kecuali Babak Konser Final hanya Senin-Jumat dan Konser Grand Final tiap Kamis dan Jumat. 
 Junior Master Chef Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Junior MasterChef (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerja sama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian bakat memasak. Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 2014. 
 X Factor Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari The X Factor dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian bakat menyanyi. Acara pencarian bakat ini digelar 2 tahun sekali. 
 Indonesia's Got Talent (sering disingkat IGT) adalah sebuah acara pencarian bakat yang merupakan waralaba dari Got Talent series yang dimiliki oleh Simon Cowell bersama perusahaan SYCO. Musim pertama acara ini tayang di Indosiar pada tahun 2010, dan musim keduanya akan tayang di SCTV mulai tahun 2014. 
 Indonesia Mencari Bakat adalah ajang pencarian bakat yang ditayangkan Trans TV. Pemirsa dilibatkan untuk menentukan bakat terbaik melalui jajak pendapat melalui SMS. Sponsor utama dalam acara ini ialah Supermi (musim 1-2) dan Zee (musim 3). Pada tanggal 25 Maret 2011, Indonesia Mencari Bakat dinobatkan menjadi acara pencarian bakat terfavorit pada malam penganugerahan Panasonic Gobel Awards 2011 dan Ananda Omesh juga dinobatkan menjadi presenter pencarian bakat terbaik dalam penghargaan tersebut. 
 Akademi Fantasi Indosiar (disingkat AFI) adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadaptasi dari acara berjudul La Academia di Meksiko. AFI merupakan ajang pencarian bakat menyanyi kedua di Indonesia setelah Popstars. Semua finalis yang berhasil masuk di AFI akan dipanggil sebagai "akademia" dan menjalani karantina selama 3 bulan. Para akademia tersebut bersaing untuk menjadi juara dan berkesempatan untuk memenangkan sebuah mobil beserta uang tunai. 
Idola Cilik adalah ajang pencarian penyanyi cilik yang disiarkan oleh RCTI sejak tahun 2008. Idola Cilik merupakan kontes menyanyi terbesar ketiga di RCTI setelah Indonesian Idol dan X Factor Indonesia. 
D Academy adalah suatu ajang pencarian bakat yang ditayangkan di Indosiar. Ajang ini merupakan pencarian bakat menyanyi dangdut. Acara ini mulai tayang perdana pada tanggal 3 Februari 2014 setiap hari selama minimum 180 menit dan maksimum 270 menit, kecuali Babak Konser Final hanya Senin-Jumat dan Konser Grand Final tiap Kamis dan Jumat. 
 The Voice Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari The Voice of Holland (Belanda) dengan sponsor dari Talpa Media Group yang bekerjasama dengan Indosiar. 
 Stand Up Comedy Show (atau Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV) adalah acara pelawak tunggal yang ditayangkan oleh Metro TV, sedangkan Kompas TV membuat acara dengan tema yang sama tetapi format kompetisi dan nama acaranya berbeda. 
Master Chef Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari MasterChef (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerja sama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian bakat memasak. Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 2011. 
 Audisi Pelawak TPI (disingkat API) adalah acara lomba lawak yang diadakan dan ditayangkan oleh stasiun televisi TPI. Acara ini diikuti oleh grup-grup lawak dari seluruh Indonesia. Pemenang dari acara ini ditentukan dari banyaknya SMS dukungan dari pemirsa.
The Master merupakan acara realitas televisi Indonesia yang menandingkan kemampuan seorang pesulap dengan pesulap lainnya. Acara yang akrab dengan tagline "Mencari Bintang Tanpa Mantera", ini kali pertama ditayangkan pada 6 Februari 2009 hingga saat ini setiap pukul 21.15 hari Jumat hingga 00.30 keesokan harinya bahkan lebih, tergantung dari lamanya penampilan peserta. Namun jam tayang The Master kadang-kadang bisa bergeser ke hari Sabtu atau bisa ke hari lain dengan jam yang sama karena di geser acara yang tampaknya lebih prioritas utama untuk ditayangkan.
 The Next Mentalist (sebelum tayang perdana biasanya disebut The Next saja, atau biasanya pula disingkat TNM), adalah salah satu ajang pencarian bakat yang disiarkan secara langsung (Live) di Trans7. Acara ini merupakan ajang pencarian bakat mentalist yang pantas menggantikan Deddy Corbuzier. Dalam acara ini, tidak menggunakan sistem voting melalui SMS, peserta dieliminasi langsung oleh Deddy Corbuzier berdasarkan penilaian pribadi, pengamatan komentator dan dukungan pemirsa melalui jarigan sosial Twitter.
 Top Chef Indonesia, atau biasa disingkat TCI, adalah suatu ajang pencarian bakat yang ditayangkan di SCTV setelah sukses 10 tahun di Amerika. Ajang ini merupakan pencarian bakat memasak setelah sebelumnya acara MasterChef Indonesia. 
 Sekolah Menjadi Komedian (SMK) adalah program baru yang dihadirkan oleh TRANS&, SMK ditayangkan perdana secara live dari MEIS Ancol dan akan tayang secara regular setiap hari Minggu pada pukul 20.00 WIB dengan durasi 90 menit, SMK merupakan ajang pencarian bakat khusus untuk komedian. Keikutsertaan peserta harus dalam bentuk grup dengan anggota 2-5 orang.
Comedy Academy Indonesia adalah sebuah talent search yang khusus dibidang comedian. Bagi and a yang punya hobi ngelawak, bisa mengikuti audisi ini. Caranya dating langsung ke Indosiar. Syaratnya bisa ngelawak Dan minimal 2 orang, para hoby nonton TV kini disuguhkan acara baru yang berbau komedi yakni Comedy Academy Indonesia yang ditayangkan di Indosiar yakni acara pencarian bakat dibidang lawak dan komedi setiap dua kali dalam seminggu akan di pentaskan beberapa grup lawak yakni Hari senin dan Selasa yang ditayangkan di Indosiar.
Little Miss Indonesia adalah ajang pencarian bakat yang digelar SCTV untuk anak perempuan berusia 2 hingga 7 tahun yang berbakat di bidang menyanyi, menari, modeling, pidato, puisi, akting, olahraga, dan lain-lain. Para peserta Little Miss Indonesia didapat melalui segmen berjudul sama dalam program Eat Bulaga Indonesia. Dan sekarang para pemenang Little Miss Indonesia akan beradu bakat dalam sebuah program tersendiri.
Hafidz Indonesia adalah sebuah program acara talent search inspiratif yang dibawakan oleh Irfan Hakim. Acara ini mencari anak-anak berbakat yang mampu menghafal sebagian atau seluruh Al-Quran. Program yang dapat menumbuhkan minat baca Al-Quran ini menampilkan 28 anak dengan rentang usia 3-7 tahun. Para peserta akan dibagi menjadi 4 tim yang masing-masing peserta akan gugur setiap harinya. Di hari Jumat, 3 peserta terbaik akan menjalani wisuda mingguan yang akan melahirkan satu orang pemenang dari masing-masing tim. Selanjutnya, empat pemenang wisuda mingguan akan beradu kembali dalam Wisuda Akbar untuk mencari pemenang utama. Acara ini ditayangkan di RCTI.
Pondok DAI adalah program pencarian bakat DAI oleh TPI Pada bulan juni 2005. Ajang ini diadakan untuk mencari generasi muda yang mempunyai bakat dalam berdakwah, PONDOK DAI yang disiarkan oleh TPI pada pukul 05.30 WIB - 06.00 setiap hari. Sedangkan untuk setiap hari minggu, para finalis menjalani tahap eliminasi yang disiarkan langsung oleh TPI dari gedung Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, melalui program acara MIMBAR DAI. Acara ini dimulai pukul 13.00 WIB - 15.30 WIB. Sekarang dilanjutkan oleh MNCTV. 
PILDACIL di ANTV ini yang pertama karena sebelumnya di TV One, tapi sempet vakum di 2007. Di pindah ke ANTV karena TV One dinilai terlalu news," ujar Vera selaku tim promo off air saat ditemui di audisi PILDACIL wilayah Jakarta di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat. Stasiun televisi ANTV menayangkan program Pemilihan Da`i Cilik atau Pildacil untuk memeriahkan suasana menjelang bulan suci Ramadhan. ayangan terdiri dari dua bagian, masing-masing "Diary Pildacil" pada pukul 07.30 WIB dan "Live Pildacil" yang dipandu Ben Kasyafany dan Umay pada pukul 18.30 WIB.
Bukan Talent Biasa adalah sebuah acara pencarian bakat yang bukan biasa di Indonesia yang disiarkan secara langsung di RCTI. RCTI menayangkan acara ini sejak 3 Maret 2014. Acara ini ditayangkan 2 hari dalam sepekan, yaitu setiap Senin dan Selasa pada pukul 22.00 WIB. Sedangkan audisinya diadakan 3 hari dalam sepekan, yaitu setiap Kamis, Jumat, & Sabtu pada pukul 10.00 WIB di Studio 6 RCTI.
The Dream Band merupakan sebuah acara realitas yang ditayangkan oleh TV7 yang yang kini berubah nama menjadi Trans7 Acara ini dikemas untuk menciptakan salah satu band papan atas. Berisi acara yang berhubungan dengan musik dan mengudara selama 3 jam.
MTV VJ Hunt adalah ajang pencarian VJ (Video jockey) atau pembawa acara MTV. Dilaksanakan diakhir tahun 90-an setiap tahunnya hingga tahun 1999 (dengan pemenang Arie Untung). Namun setelah itu tidak dilaksanakan kembali. Dan baru mulai aktif diadakan mulai tahun 2003 hingga kini.
NEZ Academy Sebuah 'sekolah' yang bakal menghasilkan bintang-bintang baru hasil tempaan Agnes Monica. Program ini digelar oleh Netmedia, dan ditayangkan di stasiun televisi mereka, NET TV. Saat ini lagi disiarkan NEZ Academy di NET TV bertempat di ANCOL MALL yang dilangsungkan secara LIVE. Program ini gak beda dengan NewAFI 2013 di Indosiar atau Indonesian Idol di RCTI. Ada 3 juri yang lagi manggung, Ari Lasso, Agnes Mo, dan Jay.

Itulah sobat 26 Ajang Pencarian Bakat DI Indonesia yang bisa saya review, banyak juga yah, kalau ada yang kurang silahkan tambahkan ya, tinggalkan komment, nanti saya update deh.

0 comments:

Post a Comment