Sunday 5 April 2015

6 Resiko Yang Diderita Tubuh Saat Kurang Air Minum

http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Normalnya, bagi seseorang yang beraktivitas dengan pekerjaan ringan dan dalam suhu lingkungan aktifitas yang sejuk membutuhkan asupan minum air minimal 1,9 liter atau delapan gelas per hari. Tapi sayangnya tidak sedikit orang yang tidak mau dan enggan melakukan ini dengan alasan yang sangat sederhanya, yakni malas bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

Padahal sejatinya jika tubuh kita kekurangan asupan air, akan banyak resiko yang akan kita tanggung yang berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Paling tidak ada enam hal berikut yang penulis rangkum, dari laman halaman Good Housekeeping, yang bisa menimpa tubuh dan kesehatan kita.

1. Resiko cenderung memiliki masalah kesehatan

Kurang minum air putih terkait dengan risiko penyakit yang akan menipa tubuh kita adalah risiko terkena batu ginjal, kanker usus dan saluran kencing, juga serangan jantung.

2. Resiko lambatnya metabolisme tubuh

dr Howard Murad  dalam buku The Water Secret, menyampaikann bahwa seseorang yang tubuhnya terhidrasi (menderita dehidrasi/kekurangan cairan) pembakaran kalori dalam tubuhnya akan berjalan lebih cepat. Dan jika tubuh kekurangan cairan metabolisme tubuhnya akan berjalan sangat lambat.

3. Resiko konsentrasi buruk
Para ilmuwan menemukan fakta penelitian, bahwa otak remaja yang tidak kekurangan cairan lebih mampu memecahkan masalah karena konsentrasi yang baik. Sebaliknya jika kekurangan air akan menurunkan tingkat kosentrasi seseorang.

4. Resiko meningkatkan makan lebih banyak
Tuakah kamu kalau minum air 2 gelas air minum sebelum makan bisa menurunkan asupan makanan 75-90 kalori. Dan jika cara ini dilakukan selama tiga bulan, akna membuat berat badan turun 2-3 kg. hal ini baik dilakukan bagi mereka yang ingin diet sehat.

5. Resiko kulit cepat berkerut
Kekurang kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi dan kualitas ketahanan kulit, sehingga menyebabkan struktur lapisan kulit bagian luar akan memburuk dan menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah dan tingkat elastisitasnya menjadi berkurang. Selain itu juga jika tubuh terhidrasi (tidak kekurangan cairan) akan membuat kulit menjadi lebih cerah tidak tampak kusam.

6. Resiko perasaan hati tak nyaman

Penelitian yang dilakukan oleh Tufts University Medford pada tahun 2009. Menyatakan bahwa orang yang terkena dehidrasi cenderung memiliki perasaan lelah, bingung, marah, depresi dan tegang. Dan tidak pada kondisi sebaliknya.

Itulah setidaknya 6 resiko yang akan terjadi pada tubuh kita jika kita kekurangan asupan air minum pada tubuh kita, hal yang sebenarnya sederhana jika kita abaikan dan lupakan akan berdampak tidak baik bahkan menyakitkan bagi tubuh. Semoga infrmasi ini bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment