Friday 24 April 2015

Penyebab Penyakit Ambeien Dan Cara Mengobati Penyakit Wasir Atau Ambeien

http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Penyakit Wasir atau Ambeien yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Hemoroid adalah penyakit yang terjadi karena adanya pelebaran pada pembuluh vena atau terjadinya pembengkakan pada bagian rektrum dan anus. Sederhananya dapat dikatakan Ambeien adalah varises yang terjadi pada bagian anus. Ambeien jika dibiarkan berlarut akan menjadikan penderita merasakan ketidak nyamanan yang luar biasa.

Banyak factor yang menyebabkan penyakit ini, diantaranya adalah :
  1. Terlalu sering angkat beban berat
  2. Sering duduk terlalu lama (banyak duduk)
  3. Jarang meminum air putih
  4. Kekurangan makan makanan serat sehingga selalu ngeden saat BAB
  5. Kurang olahraga
  6. Sering sembelit (susah BAB) dan banyak ngeden
  7. Sering mengkonsumsi makanan yang menyebabkan BAB ngeden, seperti akan cabe dan makan makanan keras.
  8. Factor turunan

Gejala-gejala yang umum dirasakan bagi penderita penyakit Ambeien :
  • Terjadi pendarahan, baik pada anus maupun pada kotoran pada saat BAB, baik disertai rasa sakit maupun tidak.
  • Merasakan seakan masih ada kotoran yang mengganjal di bagian anus walau kotoran sudah dikeluarkan (BAB selesai).
  • Sering merasakan gatal pada daerah anus.
  • Munculnya benjolan pada daerah anus, baik kecil maupun besar.

Info Untuk Kita


Jenis penyakit Ambeien

1. Hemoroid Internal (Ambeien yang ada pada bagian dalam saluran anus)

Ambeien jenis ini berawal dari pebengkakan pembuluh darah pada bagian dalam anus, jika tidak ditangani sejak dini, pembengkakan akan semakin besar dan bengkakan yang terjadi sampai menyumbul keluar anus. Dalam Ambeien jenis terbagi menjadi 4 grade/stadium, dengan cirri sebagai berikut :
  1. Grade/stadium I (Ambeien awal): pada fase ini ditandai ketika BAB dibarengi keluarnya darah, namun tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak terjadi adanya benjolan pada daerah anus.
  2. Grade/stadium II (Ambeien sedang) : pada fase ini ditandai dengan merasakan adanya benjolan yang keluar dari anus ketika mengedan saat BAB, tapi benjolan tersebut dapat masuk kembali ketika selesai BAB.
  3. Grade/stadium III (Ambeien menengah) : pada fase ini ditandai dengan adanya rasa sakit dan nyeri setiap ingin BAB, benjolan Ambeien akan keluar dari anus setelah BAB tapi benjolan tidak bisa kembali masuk, kecuali dibantu didorong dengan jari tangan.
  4. Grade/stadium IV (Ambeien akut) : pada fase ini ditandai dengan bejolan Ambeien yang keluar dari anus tidak dapat dimasukkan kembali meski didorong dengan tangan, benjolan ini akan permanen menonjol kelua dari anus jika tidak diobati dan ditangani.

Info Untuk Kita


2. Hemoroid Eksternal (Ambeien yang berada pada luar anus)

Ambeien luar mempunyai cirri benjolan berada diluar anus dan menempel pada lubang luar anus, warna benjolan ambeien terlihat merah kebiru-biruan. Ambeien jenis ini dapat dikatakan Ambeien kronis, karena menyebabkan si penderita akan merasakan sakit dan perih serta kesulitan untuk duduk.

Info Untuk Kita


Cara mengobati penyakit Ambeien

Untuk mengatasi penyakit Ambeien atau menangani penyakit Ambeien bisa dilakukan dengan suntikan skleroterapi agar ambeien bisa putus dan tidak lagi merasakan sakit. Ambeien bisa juga dihancurkan dengan menggunakan laser, arus listrik dan atau sinar infra merah. Cara pengobatan dengan pil dan salep bisa dilakukan, namun membutuhkan waktu lama.  Solusi terakhir jika semua cara pengobatan tersebut tidak dapat mengatasi dan menyembuhkan Ambeien adalah dengan jalan dilakukannya tindakan operasi. Sebelum melakukan itu semua diharuskan konsultasi dan periksakan diri ke dokter.

Namun perlu diketahui, pengobatan diatas tidak menjamin 100% bahwa akan menyembuhkan penyakit Ambeien dikemudian hari, pengobatan yang dilakukan tersebut harus dibarengi dengan niat penderita untuk menghindari hal-hal yang menimbulkan munculnya kembali penyakit Ambeien dan juga menjalankan segala anjuran yang baik untuk menjaga terkena penyakit Ambeien.

Cara tradisional mengobati Ambeien

Cara pertama bisa dengan 1/2 buah pepaya gantung, 2 lembar daun pepaya muda dan daun jambu mete secukupnya. Buah pepaya dan daun-daun direbus hingga empuk. makan dengan cara dilalap (tanpa sambal) setiap hari. 

Cara kedua
, makan tape singkong yang sudah lembek, mmakan 3 kali sehari. Lakukanlah sampai ambeien menghilang. Tape jenis dari ketan juga bisa sebagai ganti tape singkong. Kandungan ragi dalam tape bagus untuk membantu mulihkan penyakit ambeien.

Cara ketiga, daun tanaman handelem bagus untuk mengatasi penyakit Ambeien, ambil 5 lembar daun handelem, rebus dengan 3 gelas air putih sampe menyisakan sekitar 1 gelas air rebusan, lalu saring airnya dan dinginkan,satu gelas untuk sekali minum, minum air rebusan 3 kali dalam sehari

Hal-hal yang harus dihindari ketika menderita penyakit Ambeien
  • Hindari makan makanan pedas, karena makanan pedas seringkali menyebabkan mulas dan ngeden saat BAB.
  • Hindari duduk terlalu lama, jika duduk lama usahakan dalam 1 jam sekali berdiri dan geser-geser celana dalam, hal itu dilakukan agar ada udara masuk kebagian pantat dan anus sehingga tidak lembab.
  • Usahakan jangan mengedan ketika BAB, BAB jika sudah diujung agar tidak terlalu lama jongkok, karena terlalu lama jongkok dicloset akan berpotensi sering mengedan.

Hal-hal yang dianjurkan dilakukan saat menderita penyait Ambeien

  • Banyak makan makanan yang berserat, makanan yang berserat akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga akan memudahkan pada saat BAB.
  • Banyak minum air putih, air putih akan melancarkan pencernaan dan dapat memulihkan proses pemulihan pembengkakan pembuluh darah didaerah sekitar anus.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan, buah bagus untuk pencernaan dan mengandung banyak zerat juga cairan. Sangat disarankan buah papaya, kandungan dalam buah papaya dapat mempercepat pemulihan pembengkakan pembuluh darah dalam anus.
Demikian informasi mengenai Penyebab Penyakit Ambeien Dan Cara Mengobati Penyakit Wasir Atau Ambeien ini penulis review, semoga dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment