Friday 20 March 2015

Problem Bulu Pada Tubuh

http://bacaanuntukdewasa.blogspot.com/
Hampir seluruh wanita dan remaja putri dapat dipastikan mendambakan serta memimpikan mempunyai rambut kepala lembut, lebat, panjang dan indah, selain itu juga memdambakan bulu mata yang yang lentik dan bulu alis yang cantik, agar kecantikan dan sisi kewanitaannya lebih tampak dan dapat dibanggakan. Namun terkadang seringkali muncul permasalahan yang membuat panic para wanita, khususnya pada remaja puber akan memunculkan rasa gelisah, minder bahkan risau, hal tersebut dikarenakan munculnya bulu pada pada tempat-tempat atau anggota badan yang tak lazim, seperti dilengan, betis, dada, perut, punggung bagian bawah dan terutama dibagian wajah.seringkali remaja puteri dipusingkan dengan tumbuhnya bulu disekitar daerah dagu dan dan kumis, dimana tempat ini sangat tiak disukai oleh remaja puteri jika tumbuh bulu. Hal tersebut dapat menjadikan para wanita resah dan tidak percya diri, namun sebenarnya kegelisahan ini dapat diatasi jika kita memahami bahwa tumbuhnya bulu adalah hal yang waar dan alamiah, dan jika berlebih tumbuh bisa ditangani dengan melakukan beberapa kiat dan pengobatan secara medis.

Jenis bulu badan
Secara umum bulu badan terdiri dari dua jenis : Pertama, jenis bulu yang tebal, kasar dan berwarna gelap, jenis bulu ini biasanya tumbuh diketiak. Kedua, jenis bulu istimewa yang tipis dan lembut serta warnanya yang lebih terang, bulu jenis ini tumbuh dihampir seluruh bagian tubuh. Namun bisa saja salah satu dari dua jenis tersebut beralih ke jenis salah satu yang lainnya, yang kasar beralih kelunak seperti botaknya bagian depan kepala laki-laki, dan sebaliknya yang lembut berubah kekasar, lebh tebal dan menjadi hitam, biasanya dipengaruhi kelebihan hormone pada tubuh.
Faktor penyebab tumbuhnya bulu
 Faktor penyebab tumbuhnya bulu yang lebih pada wanita berbeda-beda, bisa disebabkan factor genetic dan bisa disebabkan kelebihan hormone kejantanan pada wanita, untuk diketahui bahwa dalam kondisi normal hormon kejantanan yang terdapat pada wanita tidak akan mempengaruhi terhadap karakter kewanitaan (feminis) seorang wanita, karena jumlahnya sangat sedikit, namun jika horon ini berlebih akan menjadikan bulu yang seula tipis dan lembut yang tumbuh pada bagian badan akan berubah menjadi bulu yang tebal dan kasar, masalah horon kejantanan ini juga dapat dilihat dai ciri lain yang akan muncul, biasanya darah haid yang sedikit, payudara yang tidak mengalami pertumbuhan dan relative kecil, otot membesar dan suara menjadi serak.

Diantara penyebab meningkatnya hormone kejantanan pada wanita adalah terjadinya pembesaran kelenjar diatas ginjal (kelenjar adrenal), dimana dala kondisi normal kelenjar ini memproduksi hormone sangat sedikit, danmun apabila kelenjar tersebut membesar maka hormone yang diproduksinyapun akan meningkat. Selai  itu indung telur (ovarium) juga bekerja menghasilkan hormone kejantanan, apabila kelenjar ovarium membesar atau terbentuk gelebung kecil yang tidak lazim didalamnya atau lapisannya enjadi tebal, produksi hormone kejantanan akan meningkat, selain itu, kelenjar yang berada didasar otak (hipofise) juga berperan dalam menghasilkan kelenjar kejantanan wanita, namun ini terjadi dala berapa kondisi saja.

Pemakaian sebagian jenis obat-obatan dan bahan kosmetik yang dalam jangka waktu yang lama yang berefek pada peningkatan produksi hormone kejantanan seringkali menjdi factor munculnya bulu-bulu tersebut. Sepertihalnya pil kontrasepsi dan sebagian jenis obat anti biotic, sebagian obat epilepsy dan cortisone (obat anti peradangan), obat penguat stamina, obat penambah selera makan dan penurun berat badan. Dan terakhir factor keturunan menjadi factor utama dalam pertumbuhan bulu yang tidak disenangi pada tubuh wanita.

Cara mengatasi problem bulu
Bulu yang tumbuh pada daerah wajah, janggut, kumis dan betis, pada usia puber adalah hal yang wajar serta normal, apabila kadarnya melebihi batas normal bisa diobati dengan banyak cara, dan apabila pertubuhannya relative sangat tebal segera periksakan kedokter spesialis kelenjar agar mendapat penanganan yang efektif untuk diketahui penyebab dan mengetahui cara tepat penanganannya, namun jika masih dapat diatasi sendiri banyak cara  yang bisa dilakukan, cara yang paling ampuh yang bisa dilakukan adalah menggunakan sebagian obat-obatan yang bisa menekan hormone kejantanan, sedangkan pada kondisi pembesaran ovarium biasanya dokter menyarankan untuk melakukan operasi ovarium. Dan jika masalah muncul karena konsumsi obat-obatan yang berefek pada peningkatan hormone kejantanan, maka segeralah berhenti mengkonsumsi obat tersebut agar bisa menghilangkan penyebab munculnya masalah terbut. baca juga Cara Menghilangkan Bulu Berlebih untuk lebih detile mengetahui cara mengatasi problem bulu pada tubuh.

0 comments:

Post a Comment