Monday 16 March 2015

Bahaya Dan Dampak Buruk Penggunaan Dot pada Bayi

Dot atau empeng adalah alat yang biasa dan banyak keluarga pakai sebagai alternative bagi sang ibu untuk memberikan asi pada sang bayi. Selama ini, dot selalu menjadi senjata andalan para ibu ketika mereka harus memberikan ASI perah (ASIP). Ini dikarenakan bentuk dot yang mungil dan mudah digenggam serta struktur karet untuk menghisap yang berbentuk menyerupai puting payudara dianggap bisa membantu bayi minum susu lebih mudah. Dengan dot juga dpat menimilaisir ASIP tumpah dibandingkan dengan metode pemberian ASIP lain seperti dengan sendok dan cangkir. Selain itu, dengan dot merupakan solusi praktis menghadapi agar sang bayi tidak rewel saat dia menangis.

Namun, taukah anda, Bahaya DanDampak Buruk Penggunaan Dot pada Bayi ? Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) mengungkapkan bahwa pemberian ASIP melalui dot sangat tidak disarankan dan seharusnya dihindari, karena ternyata dot memiliki efek jangka panjang yang buruk untuk anak. Lalu Apa bahayanya? Dibawah ini akan diuraikan apa saja bahaya penggunaan dot bagi bayi.

http://infokitauntukkita.blogspot.com/Menyebabkan Terjadinya Bingung Putting Pada Bayi
Bentuk karet dot ini dibuat menyerupai puting, yang akan membuat anak lebih terbiasa dan suka minum dari dot dibandingkan puting payudara ibu. Jika bayi dibiasakan untuk minum menggunakan dot, lama-kelamaan ia akan lebih memilih minum dari dot dan tak tahu cara minum ASI dari puting payudara ibunya.

Hal ini disebabkan oleh adanya kebingungan bayi akan cara kerja dot dan payudara yang berbeda. Dot memiliki cara kerja yang memudahkan bayi mendapatkan susu tanpa harus mengisap atau menyedot karetnya. Ketika botolnya mulai dimiringkan, secara otomatis dot akan mengeluarkan susu ke mulut bayi.

Sementara ketika bayi menyusu pada payudara berbeda, payudara tidak akan mengeluarkan ASI ketika tidak ada rangsangan dari mulut bayi yang berupa isapan. Bayi harus berjuang dan berusaha untuk mendapatkan ASI dari payudara ibunya, inilah yang menyebabkan bayi selalu berkeringat saat sedang menyusu.  Dan hal ini menyehatkan buat bayi.


Meningkatkan Resiko Infeksi Pada Bayi
Meskipun risiko ASIP tumpah dari dot lebih rendah dibandingkan cara pemberian ASIP lainnya, namun dengan penggunaan dot bukan berarti tidak akan terjadi tumpah juga. Salah satu alasan tumpahnya ASIP ini karena bayi sudah kenyang dengan asi namun tetap dipaksa minum atau tumpah karena bayi tertidur sambil mengedot. Tumpahan ASIP akan mengalir ke arah pipi, hidung, sampai telinga.

Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi sang bayi. Jika masuk ke dalam organ-organ penting seperti hidung dan telinga, bisa menyebabkan bayi mengalami infeksi saluran pernapasan dan radang telinga. Sedangkan ketika asi langsung dari asi ibu, asi akan berhenti keluar ketika sang bayi berhenti menyedot asi dari putting ibu.

Menyebebkan Gangguan Dan Hambatan Berbicara Pada Bayi
Ketika menyusu pada payudara, bayi harus berusaha untuk mendapatkan susu sehingga rongga mulutnya selalu bergerak. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan otot motorik di bagian ragang sang bayi, sehingga otomatis akan melatih kemampuan berbicaranya. Ketika bayi terlalu sering mengedot, saat ia selalu mendapatkan ASIP tanpa perlu menggerakkan mulutnya, ini akan membuat otot rahangnya sedikit kaku, dan ini yang menjadi factor penyebab memperlambat kemampuan bicara sang bayi.

http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Menyebabkan Gangguan Pertumbuhan Gigi Pada Bayi
Cara menyusui dengan menggunakan dot ternyata juga akan memengaruhi pertumbuhan gigi anak. Ini dikarenakan penggunaan dot dalam jangka panjang akan membuat struktur gigi bayi menjadi tidak normal karena si bayi harus menggigit dan menahan dot agar tak jatuh. Beberapa masalah gigi yang timbul akibat penggunaan dot ini, antara lain rahang atas yang terlalu maju atau rahang bawah yang mundur.

http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Saran
Penggunaan dot bukan tidak diperbolehkan, namun harus dibatasi, karena jika tidak dikontrol akan banyak menimbulkan masalah bagi si bayi, juga masalah bagi si ibu, sebaiknya bayi diberikan asi eksklusif langsung dari putting payudara ibu, namun jika ada beberapa hal dan kendala terkait itu gunakanlah peralatan menyusui yang dapat meminimalisir gangguang seperti tersebut diatas, semisal menggunakan sendok atau sejenis dot softcup yang menyerupai sendok.

Demikian postingan soal Bahaya DanDampak Buruk Penggunaan Dot pada Bayi, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment