Friday 6 June 2014

Ramping Dengan Mandi Air Dingin

Mandi Air Dingin
Menjaga bentuk tubuh hal yang biasanya selalu diprhatikan bagi kita semua, khususnya para wanita. Berbagai metode dan program untuk menurunkan berat badan di dunia sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Mulai dari yang sederhana (tradisional) hingga menggunakan kemajuan teknologi (modern). Namun tidak semuanya aman untuk tubuh, bahkan tidak sedikit berisiko tinggi dan mematikan.

Bagi sobat yang tengah menjalani program pelangsingan tubuh, dan suka mandi dengan air hangat, sebaiknya hentikan kebiasaan teresebut untuk sementara waktu dang anti kebiasaan tersebut dengan mandi menggunakan air dingin. Karena mandi dengan air dingin di pagi hari efektif meluruhkan timbunan lemak pada tubuh, dan dapat meningkatkan produksi lemak coklat. Dimana jenis lemak coklat ini memiliki fungsi membakar kalori yang berlebihan dalam tubuh. Dalam penelitian lain para peneliti mengatakan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan membakar simpanan lemak dalam tubuh.

Kemudian, selain mandi air dingin di bawah pancuran, juga disarankan berendam air dingin selama tiga menit, untuk mempercepat penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan suhu air yang dingin meningkatkan daya pencernaan yang menghancurkan lemak. Walhasil, suhu dalam tubuh pun beradaptasi dan beralih hangat secara alamiah. Namun, perlu diketahui juga untuk sobat semua, metode unik ini tidak boleh dilakukan oleh sobat yang memiliki penyakit hipertensi dan diabetes.

Selain itu juga untuk sobat ketahui bahwa mandi dengan air dingin selain dapat membantu meningkatkan metabolism juga dapat mencegah cidera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh sobat. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain Mandi dengan air dingin :
  1. Jika sobat ingin meningkatkan sel darah putih mandilah dengan air dingin, karena itu akan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.
  2. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Di sisi lain, mandi air panas tidak baik untuk testis sobat, karena dapat berpotensi menurunkan jumlah sperma. Jika sobat ingin berencana untuk memiliki seorang anak, saatnya untuk mandi di air dingin.
  3. Setelah sobat melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan sobat butuh waktu untuk membuat otot-otot sobat menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot sobat akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.
  4. Ketika air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tetapi pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.
  5. Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan baju hangat untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh sobat disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat sobat merasa hangat.
  6. Air dingin dapat memperdalam pernapasan sobat dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika sobat mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  7. Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.
Deimikian ulasan tentang Ramping Dengan Mandi Air Dingin ini saya buat, semoga postingan ini bermanfaat untuk sobat semua.

0 comments:

Post a Comment