Friday 6 June 2014

Begadang Picu Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer
Begadang jangan begadang bila tak ada artinya. Lagu Bang Haji Rhoma Irama tersebut memang ada benarnya juga. Begadang memang bukan saja tak ada artinya, untuk sobat tau juga bahwa begadang dapat meningkatkan risiko penyakit alzheimer.

Taukah sobat apa itu, Alzheimer .. ? Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua dengan kepikunannya dan sulit untuk mengingat. Nah
Begadang Picu Penyakit Alzheimer loh sobat, hal tersebut dibuktikan oleh penelitian terbaru dari Belanda. Dr Jurgen Claassen, peneliti senior dari Radboud University Medical Center di Nijmegen mengatakan bahwa sehari saja kita tidak tidur, otak sesehat apapun akan mempunyai kandungan protein penyebab alzheimer yang tinggi. Dari enelitian tersebut juga dijelaskan bahwa tidur sehat dapat mengurangi kadar amyloid beta (protein penyebab alzheimer) di otak dan jika tidur terganggu, proses pengurangan protein tersebut menjadi terhalang. Jika terus-menerus terganggu tidurnya, protein amyloid beta yang ada di otak orang tersebut dapat mengendap, dan bisa menyebabkan dirinya terserang alzheimer. Alzheimer seperti diketahui merupakan salah satu bentuk demensia paling umum yang sering ditemui di masyarakat.

Memang sampai saat ini penyebab pasti seseorang mengidap alzheimer memang belum diketahui. Namun para pakar sepakat bahwa amyloid beta merupakan salah satu faktor kunci dalam proses pengembangan penyakit tersebut di otak. Penelitian tersebut diatas dilakukan terhadap 26 pria paruh baya dengan kebiasaan tidur normal. Setelah itu, kadar protein mereka akan diukur menjelang, setelah dan jika kekurangan waktu tidur. Proses tersebut dilakukan dengan cara memasukkan kateter pada tulang punggung untuk mengambil sampel cairan otak. Hasilnya menunjukkan bahwa pria yang tidur nyenyak pada malam harinya memumpunyai kadar amyloid beta 6 persen lebih sedikit daripada sebelum tidur. Sementara itu, mereka yang tidak tidur alias begadang tidak memiliki perubahan kadar amyloid beta.

Namun perlu sobat garis bawahi bahwa tidur sehat dan nyenyak setiap hari dapat mencegah resiko terkena Alzheimer, dan bahwa kurang tidur hanyalah salah satu dari banyak faktor risiko terserang Alzheimer, artinya bukan berarti jika tdur cukup, tidur sehat dan nyenyak akan terbebas dari enyakit Alzheimer, minimal kita dapat mencegah salah satu factor penyebannya sobat, demikian informasi Begadang Picu Penyakit Alzheimer ini saya sampaikan, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment