Wednesday 11 June 2014

Bahaya Kanker Kulit (Waspada Kanker Kulit)

http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Bulan Mei kemarin telah diperingati sebagai bulan Kesadaran Kanker Kulit. Saat menjelang musim semi yang hangat, matahari akan mulai sedikit keluar dari balik awan dan tidak ada salahnya bagi kita untuk menikmati sedikit sinar matahari, tetapi ingat paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membawa efek yang merugikan pada kulit kita. Sayangnya, ketika kita membuka diri terhadap sinar matahari, kita juga berpotensi terkena kanker kulit. Pada  postingan sebelumnya saya embahas mengenai Bahaya Kanker Payudara, sekarang melalui postingan ini saya akan mengulas Bahaya Kanker Kulit (Waspada Kanker Kulit). Untuk mengawali pembahasan mari kita mengenal apa sih Kanker Kulit itu.
Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.


http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Kanker kulit adalah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko sebab mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam. Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global, sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit agar dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit mematikan ini, atau bahkan untuk melakukan pengobatan dini.
  • Jenis kanker kulit yang paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar sering dikenal dan disebut Basal Cell Carcinoma (BCC).
  • Kanker kulit yang juga paling umum terjadi adalah yang biasa ditemukan di sel squamus atau sering disebut Squamous Cell Carcinoma (SCC). SCC mirip dengan BCC karena seringkali muncul di area yang terpapar langsung pada sinar UV (baca : Bahaya Sinar Ultraviolet) seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan, lengan, dan kaki.
  • Melanoma termasuk jenis kanker kulit yang agak jarang, namun ini adalah yang paling berbahaya. Melanoma muncul di bagian bawah epidermis
http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Kanker  ini tertentu penyumbang kurang dari 1% total  semua jumlah kematian akibat kanker. Paparan seumur hidup terhadap radiasi sinar UV matahari sebabnya biasanya muncul setelah Anda mencapai usia 50. Namun, kanker ini terus meningkat di kalangan anak muda antara 18 tahun hingga 40 tahun. The Skin Cancer Foundation melaporkan bahwa tingkat kanker kulit telah tumbuh di kalangan wanita muda dan laki-laki dalam 40 tahun terakhir, meskipun peningkatan pengetahuan.

Dengan pengecualian dari kanker payudara, wanita usia 40 dan di bawah lebih mungkin untuk mengembangkan bentuk yang lebih serius, melanoma, daripada yang mereka lakukan kanker invasif paling lainnya. Untuk pria, itu lebih umum daripada kanker paru-paru, atau kanker usus besar. Tanda-tanda kanker langka ini muncul sebagai bercak coklat atau hitam gelap dan memiliki tepi yang tidak teratur. Hal ini dapat multi diwarnai dengan nuansa biru, putih, atau merah. Melanoma muncul dalam waktu kurang dari 5% dari semua kanker kulit, tetapi menjadi penyebab kematian terbanyak. Deteksi dini sangat penting.

Yang pertama adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar. Inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki risiko kematian paling sedikit, sebab ciri-cirinya bisa dikenali dengan mudah, sehingga pertolongan medis pun bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kulit juga merupakan organ yang letaknya paling jauh dari organ vital utama manusia, sehingga kemungkinan penyebarannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

http://infokitauntukkita.blogspot.com/


Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:

  • http://infokitauntukkita.blogspot.com/Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda.
  • Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.
  • Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya.
  • Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.
  • Bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya. Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan bentuk, warna, atau bahkan ukuran.
Sementara ciri-ciri kanker kulit yang lain adalah dengan adanya benjolan yang terasa gatal atau bahkan sakit jika disentuh. Amati juga bila terdapat luka kecil pada kulit yang terus mengeluarkan darah sehingga cenderung tidak sembuh. Hal ini bisa jadi adalah gejala kanker kulit.

Perawatan dan pengobatan penderita kanker kulit biasanya dilakukan tahapan operasi, terapi radiasi, imunoterapi, dan atau kemoterapi. Deteksi dini dan pengobatan yang tepat, sebelum menembus kulit, meningkatkan tingkat kelangsungan hidup 99%.
  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat-zat kimia termasuk gula pasir dan air mineral.
  • Hindari segala bedak dan handbody lotion yang terbuat dari zat kimia.
  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung diatas jam 9 pagi.
  • Minumlah suplemen yang mampu membersihkan kotoran yang melekat di dinding usus (colon cleanshing). Dalam hal ini yang terbaik, terenak dan termurah adalah kolak waluh (labu parang) tanpa santan. Yang perlu diingat dalam mengonsumsinya harus ditambah air jeruk nipis. minumlah 2 gelas sehari.
  • Buatlah suplemen yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan, seperti juss dari buah tomat sayur, buah anggur, buah wortel, dan taoge kacang hijau. Untuk pembuatan juss, sebaiknya di blender selama 20 menit, jangan berhenti. Tujuannya adalah agar ada injeksi oksigen ke dalam juss. Karena itu harus langsung diminum habis, jangan dibiarkan lam karena oksigennya bisa menguap lagi. Minumlah 2 gelas sehari.
  • Buatkanlah rebusan herbal yang banyak mengandung zat-zat anti oksidan. Herbal ini antara lain daun benalu mangga, daun benalu teh, daun sukun, daun tapak dara, daun mahkota dewa, temu putih , dll. Minumlah 2 gelas sehari.
  • Buatkanlah rebusan herbal yang lebih keras dari pada di atas, Bisa menggunakan mahkota dewa, pace, jintan hitam, dll. minumlah 2 gelas sehari.
  • Buatkanlah bedak dari keladi tikus, ketela pohon tahunan yang beracun. Balurkan bedak ini ke kankernya, 4 - 5 kali sehari.
  • Lakukanlah senam ayun tangan, 30 menit sehari.
http://infokitauntukkita.blogspot.com/
Kanker kulit dapat dicegah loh sobat, dengan menghindari faktor risiko, terutama paparan radiasi ultraviolet dari matahari. Kanker ini adalah masalah kesehatan yang serius dan merupakan kanker yang paling banyak didiagnosis di Amerika Serikat sobat perlu memperhatikan semua kulit sobat.

Melakukan pencegahan termasuk konsisten menggunakan tabir surya, mengenakan pakaian pelindung, termasuk kaos dan topi, dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan selama jam tengah hari. Segel Skin Cancer Foundation persetujuan dapat membantu sobat memilih merek yang sangat efektif. Dapatkan hasil maksimal dari tabir surya sobat dengan memilih salah satu dengan faktor perlindungan matahari, atau SPF, 30 atau lebih tinggi.

Nah sobat, demikian pembahasan Bahaya Kanker Kulit (Waspada Kanker Kulit), hal yang sederhana terkadang tidak diperhatikan oleh kita, namun dampaknya justeru malah mematikan loh sobat, ayo kenali diri kita dan lingkungan kita sobat. Semoga postingan ini bermanfaat.

http://infokitauntukkita.blogspot.com/

Sumber :
http://id.wikipedia.org/
http://www.doktermu.com/
http://sehatcenter.com/

2 comments: